Selasa, 14 Juni 2016

Manfaat Buah Asam Jawa untuk Diet dan Kulit

Berikut ini Pak.Tendean akan membahas mengenai manfaat minuman tradisional yang Pak.Tendean punya yaitu minuman Asam Jawa, berikut ulasanya:

Asam Jawa merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Asam Jawa bermanfaat untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Banyak pengobatan tradisional yang menggunakan bahan utama asam Jawa. Hal ini membuktikan bahwa asam Jawa memang memiliki khasiat luar biasa dalam mengobati beberapa macam penyakit.

Asam Jawa sendiri termasuk salah satu tanaman herbal berkat kemampuannya dalam mengobati penyakit. Selain buahnya, daun asam juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal, manfaat buah asam Jawa cukup banyak. Antara lain yaitu:

Mengobati eksim

Salah satu manfaat dari buah asam Jawa yaitu dapat mengobati eksim (penyakit kulit). Untuk mengobati penyakit eksim, Anda dapat merebus asam Jawa yang dicampurkan dengan temulawak dan juga gula aren. Rebus sampai airnya menyurut, minum air rebusan tersebut secara rutin.

Mengobati disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Disentri sendiri dapat ditandai dengan gejala perut mulas dan buang air besar yang disertai dengan darah dan juga lendir. Untuk mengobati penyakit ini, Anda dapat merebus asam Jawa yang dicampur dengan kunyit dan juga temulawak.

Menurunkan berat badan

Asam terkenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sejak jaman dahulu, asam banyak dimanfaatkan untuk memaksimalkan program diet. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat meminum air seduhan asam Jawa. Manfaat buah asam Jawauntuk dietini sudah banyak dibuktikan.

Mengobati sariawan

Sariawan juga dapat diobati dengan menggunakan buah asam, caranya tidak terlalu rumit. Sariawan sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Walau tidak termasuk sebagai penyakit yang berbahaya, sariawan dapat memberikan rasa sakit yang luar biasa pada penderitanya. Untuk mengobati sariawan, Anda dapat memanfaatkan buah asam Jawa. Caranya yaitu rebus buah dan daun asam Jawa secukupnya, setelah itu tambahkan beberapa irisan kunyit. Rebus hingga mendidih lalu tambahkan sedikit gula aren, minum ramuan tersebut secara rutin sampai sariawan Anda sembuh.

Mengatasi darah rendah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan buah asam. Tekanan darah rendah atau dikenal juga sebagai hipotensi tidak sama dengan anemia atau kurang darah. Tekanan darah rendah merupakan kebalikan dari tekanan darah tinggi atau hipertensi. Untuk mengatasi darah rendah, Anda dapat merebus asam Jawa, daun bayam, gula aren, bawang merah dan cabai rawit. Tambahkan juga garam secukupnya, rebus hingga mendidih lalu minum airnya secara rutin.

Mencerahkan kulit

Selain bagus untuk kesehatan, asam juga memiliki manfaat untukkecantikan. Manfaat buah asam untuk kulit cukup banyak, salah satunya yaitu dapat mencerahkan kulit. Bagi Anda yang mendambakan kulit cerah dan lembab, Anda dapat memanfaatkan buah asam. Caranya yaitu lumatkan buah asam menggunakan air hangat, campur dengan kunyit yang telah dihaluskan. Campur sampai merata dan membentuk adonan layaknya lulur, gunakan campuran tersebut sebagai lulur. Selain itu, masih banyak lagi manfaat-manfaat dari penggunaan asam Jawa. Baik penggunaan dengan cara mengkonsumsi ataupun penggunaan dari luar, asam Jawa memiliki banyak manfaat. Setelah mengetahui manfaat buah asam Jawa tersebut, jangan ragu lagi untuk menggunakan buah asam Jawa dan meminum minuman tradisional dari Pak.Tendean.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar