Minggu, 19 Juni 2016

Jeruk Nipis Dan Daunnya

Pada jaman dahulu daun jeruk nipis sering dipakai untuk membuat berbagai macam aroma tradisional. Di Inggris daun jeruk nipis sering digunakan untuk campuran bahan teh karena bisa memberikan efek menyegarkan.

Sudah sejak lama daun jeruk nipis digunakan sebagai bahan-bahan untuk membuat obat-obatan tradisional.Beberapa negara yang sudah populer menggunakan obat dari daun jeruk nipis adalah seperti China, India, Inggris, Eropa, Amerika dan beberapa bagian negara di Afrika.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi
Gigi dan mulut memang salah satu bagian tubuh yang harus kita perhatikan. Menjaga kesehatan dan kebersihan pada area mulut ini akan memberikan efek menyehatkan dan juga mendukung penampilan. Masalah yang paling sering terjadi adalah kesehatan gigi yang buruk seperti karang, gusi bengkak dan gigi yang berlubang. Semua masalah itu bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Daun jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga masalah kesehatan gigi dan gusi. Anda bisa mengunyah daun jeruk nipis kemudian gunakan untuk berkumur. Nafas akan terasa harum dan bau mulut juga akan hilang.

2. Menyembuhkan Sakit Perut dan Mual
Rasa mual dan sakit perut bisa muncul kapan saja. Penyebabnya sangat beragam mulai dari gangguan pencernaan, masuk angin hingga flu yang berkepanjangan. Minyak esensial yang terdapat pada daun jeruk nipis bisa mengatasi semua gangguan tersebut. Bahkan minyak esensial yang mengandung senyawa aktif bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik.

3. Mengobati Perut Kembung
Ketika tubuh terlalu lelah dan ada beban pikiran maka bisa menyebabkan perut kembung. Tekanan perasaan dan pikiran yang berat bisa memicu reaksi gas pada lambung. Daun jeruk nipis mengandung beberapa senyawa asam esensial dan juga apigenin. Senyawa ini bisa memperbaiki produksi gas dalam lambung dan memiliki efek menenangkan.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur
Bisa mendapatkan tidur yang nyenyak akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Bahkan saat kita tidur sebenarnya tubuh sedang melakukan tugasnya untuk beberapa organ termasuk proses metabolisme. Bagi orang yang tidak bisa tidur nyenyak karena berbagai hal maka bisa minum-minuman dari daun jeruk nipis menjelang tidur. Esktrak senyawa yang dihasilkan ternyata bisa menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jeruk nipis memang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Namun ternyata vitamin itu juga bisa ditemukan pada bagian daun. Selain itu daun jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang berperan sebagai anti oksidan alami. Konsumsi teh dari daun jeruk nipis akan meningkatkan kesehatan tubuh. daun jeruk nipis juga sangat baik untuk mengatasi berbagai jenis penyakit karena infeksi virus seperti influenza dan juga penyakit kerusakan sel seperti kanker.

Dari sekian manfaat Jeruk nipis dan Daunnya, Pak.Tendean telah meracik dan menyediakan traditional drink yang di suguhkan secara apik di hadapan anda, penasaran kaan??? Cek gambar di bawah ini Ya???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar